LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI I BUKTI IKLAN SIAR SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASARAN DI RADIO RIA FM

Standar

LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI I
BUKTI IKLAN SIAR SEBAGAI BAGIAN
DARI STRATEGI PEMASARAN
DI RADIO RIA FM

Laporan Praktek Industri I
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas dan melengkapi
Syarat untuk mengajukan tugas akhir

OLEH :
NAMA     : AMBAR PURWANINGRUM
NIM     : C10001
PRODI     : KOMUNIKASI MASSA

POLITEKNIK INDONUSA SURAKARTA
2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Praktek Industri merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh mahasiswa Politeknik Indonusa Surakarta sebagai syarat untuk mengajukan Tugas Akhir.
Praktek Industri ini berguna untuk memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja sesungguhnya. Hal ini menjadikan mahasiswa menjadi tahu dunia kerja yang sesungguhnya yang mungkin berbeda dengan yang dipelajari di bangku kuliah. Selain itu mahasiswa akan memiliki tanggung jawab dan juga melatih kreativitas berfikir dan juga bertindak.
Dari sekian banyaknya media komunikasi yang berkembang dan dikenal masyarakat, Radio merupakan salah satu media yang cukup lama ada dan tetp mempertajam fungsinya sampai sekarang. Terlepas dari fungsi lain radio sebagai sarana komunikasi dan informasi. Radio juga memiliki fungsi yang paling penting yaitu sebagai sarana hiburan dan juga dapat menstimulasikan pendengar dengan memberi kesenangan, ketegangan, nostalgia atau sekedar melepas rasa keingintahuan. Dan dalam fungsi tersebut, peningkatan kualitas acara bukan hanya dari aspek materi dan penyiar saja, namun juga dari proses produksi yang dilakukan untuk menghasilkan sajian yang menarik.
Pemilihan rasio RIA FM Solo sebagai praktek indutri I didasarkan atas beberapa alasan. Pertama, RIA FM Solo merupakan radio yang berbasis keluarga dan wanita. Kedua, RIA FM Solo merupakan cabang dari radio SONORA yang berpusat di Jakarta, selain itu penentuan RIA FM Solo sebagai tempat magang adalah dengan maksud ingin menerapkan ilmu yang selama ini diterima selama perkuliahan ke dunia kerja serta ingin memperdalam pengetahuan mengenai pemasaran di radio.

B.    Tujuan Praktek Industri
1.    Memperkenalkan dunia kerja kepada mahasiswa
2.    Menambah kemampuan dan melatih tanggung jawab mahasiswa untuk lebih siap memasuki dunia kerja setelah lulus nanti.
3.    Meningkatkan kompetensi sesuai dengan program jurusan yang dipilih yakni komunikasi massa, khususnya di bidang periklanan
4.    Menambah link dengan dunia kerja

C.    Manfaat Praktek Industri
Melalui praktek industri, mahasiswa dapat mengetahui secara nyata tentang seluk beluk dunia kerja sesuai dengan minat mahasiswa. Selain itu mahasiswa berlatih untuk dapat bertanggung jawab dan beradaptasi pada dunia kerja.

BAB II
KEGIATAN UMUM

A.    Sejarah RIA FM Solo
Radio RIA FM Solo seperti halnya radio lain di seluruh dunia juga memiliki sejarah berdiri dan perkembangannya hingga sekarang. RIA FM Solo berawal dari di dirikannya Radio Olahraga dan Ilmu Pengetahuan Sekolah Tinggi Surakarta (ROISKA) pada tanggal 2 Februari 1969 oleh Yayasan Sekolah Tinggi (STO) Surakarta. Pada pengelolaannya saat itu terdiri dari para dosen dan mahasiswa STO serta di dukung oleh para personel dari RRI Surakarta sebagai tenaga pelatih. ROISKA berdiri saat itu hanya sebagai media informasi yang berkaitan dengan dunia olahraga.
Seiring dengan Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 1970 tentang radio siaran, maka ROISKA melepaskan diri dari Yayasan STO untuk menjadi lembaga mandiri dan berbada usaha Perseroan Terbatas (PT) seklipun lokasi studio saat itu tetap berada di lingkungan STO yaitu Jl. Brigjend Slamet Riyadi No. 26 Surakarta.
Kemudian pada tahun 1983 PT ROISKA pindah studio ke Panularan 29/IV Surakarta dan mengambil segmen pendengar masyarakat strata menengah ke bawah dengan format musik dangdut. Pada tahun 1992, terjadi perubahan mendasar di lingkungan internal. Beberapa komisaris melepaskan saham kepemilikannya secara kolektif kepada seorang komisaris yang juga pendiri ROISKA.
Maka sejalan dengan perubahan struktur kepemilikan mauun manejerial, perusahaanpun berubah menjadi PT Radio Irama Adinada yang kemduian disingkat menjadi RIA dan masih berlangsung sampai sekarang.
Sebagai upaya untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada pendengar maupun pemasang iklan khususnya mengenai kualitas suara yang dipancarkan pada tanggal 22 Desember 1998 RIA pindah ke jalur operasi siaran dari AM (Amplitudo Modulation) ke FM (Frequency Modulation) dengan nama RIA FM.
Dan untuk mengantisipasi persaingan bisnis radio yang semakin ketat di Solo, RIA FM saat itu memberanikan diri mengambil kaum wanita sebagai segmentasi pendengar dan memposisikan diri sebagai female stasion Rasio wanita pertama di Solo.
Pada bulan Februari 2004, sesuai keputusan nasional pengaturan gelombang radio, RIA FM pindah frequency menjadi 98.8 FM dengan lokasi yang berada di tengah pusat Solo yaitu Jl. Honggowongso, Panularan Rt. 02 RW. 08 Laweyan, Surakarta.
Selanjutnya pada tahun 2006 RIA FM bergabung dengan radio Sonora Group (Kompas Gramedia) untuk merangkul pendengar lebih luas lagi dengan motto “SAHABAT KELUARGA” yang masih bertahan sampai sekarang.
Visi dan Misi Radio RIA FM Solo
Prinsip dasar yang harus dimiliki saat mendirikan stasiun radio adalah dengan adanya visi dan misi yang jelas. Visi merupakan cara pandang institusi penyiaran radio saat berdiri. Sedangkan misi merupakan cara yang ditempuh untuk dapat mencapai misi yang telah ditetapkan. Adapun visi dan misi dari Radio RIA FM Solo adalah
1.    Visi
Mengedepankan pelayanan dengan menyajikan acara-acara special yang informatif dan menghibur bagi seluruh anggota keluarga.
2.    Misi
a.    Mempertahankan target audiens dnegan tetap fleksibel menyentuh dunia pendengar di luar target audiens.
b.    Memperluas dan mengaja hubungan baik dengan klien
c.    Melayani kebutuhan dan tuntutan para pendengar dan klien
d.    Menyajikan program-program berkualitas
e.    Mempertahankan dan menjaga kualitas eksistensi siaran
f.    Melaksanakan acara-acara off air yang berkualitas untuk menjaring audiens dan masyarakat luas.

B.    Data Medis
Nama Badan Hukum     : PT. radio Irama Adinada
Call Station     : RIA FM
Alamat     : Jl. Slamet Riyadi No. 284, Solo 57141 (Kompleks TB Gramedia Surakarta)
Kodya/Provinsi    : Kodya Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
Telepon     : Office (0271) 718073
Studio (0217) 715989
Faksmail     : (0271) 712973
E-mail    : riafmsolo@yahoo.co.id
NPWP    : 01.139.926.8.526.000
Frekuensi    : PM 4 FCG
Jangkauan siaran     : 98.8 Mhz
: + 60 km
Boyolali, Wonogiri, Sragen, Klaten, Salatiga, Karanganyar
Station Manager    : Grytje Gregory Hadiwono

C.    Format Siaran
Jam Siar
06.00 – 24.00 WIB    Kata Musik    40%
60%
Klasifikasi Program     Pendidikan
Budaya
Agama
Hiburan
Berita Informasi
Iklan     5%
10%
5%
55%
15%
5%
Program     Female
Male     52%
48%
Table 1 format siaran
D.    Pendengar
Usia     7-13 tahun
14-24 tahun
25-29 tahun
30-34 tahun
35-39    ahun
>40 tahun     5%
15%
10%
20%
30%
20%
Status Ekonomi     A1
A2
B
C1
C2
D    5%
10%
35%
25%
15%
10%
Pendidikan     S2 dan S3
S1
Diploma
SMU
SMP
SD    3%
31%
21%
34%
7%
3%
Pekerjaan     Pegawai
Wiraswasta
Ibu Rumah Tangga
Pedagang     41%
21%
31%
7%
Table 2 pendengar
E.    Struktur Organisasi
RIA FM
STRUKTUR ORGANISASI

F.    Denah Lokasi

G.    Acara Radio RIA FM Solo
PROGRAM ACARA RIA FM SOLO 2011
SENIN    SELASA    RABU    KAMIS    JUMAT    SABTU    MINGGU
– 07                                06 – 07
– 08                                07 – 08
– 09    SELAMAT PAGI SURAKARTA    Dongeng
anak    08 – 09
– 10    BINCANG KESEHAT-AN        BINCANG KESEHAT-AN         BINCANG KESEHAT-AN        WTM INDO    09 – 10
– 11    AMKM (Anda Meminta Kami Memutar)    WTM
MANCA    10 – 11
– 12                            AMKM    11 – 12
– 13    IZZY BEAT    12 – 13
– 14        13 – 14
– 15    TOTAL REQUEST    14 – 15
– 16        15 – 16
– 17        16 – 17
– 19    SELAMAT PETANG SURAKARTA    17 – 19
– 20    DMKM    Talkshow Malam    Talkshow Malam    Talkshow Malam    Talkshow Malam    100% Indonesia    English n Fun    19 – 20
– 21        100% Indonesia    100% Indonesia    100% Indonesia    100% Indonesia    SOLO ROMANCE    100% Indonesia    20 – 21
– 22    MEDITASI KESEHAT-AN                Fengshui             21 – 22
– 23    80-an    Rock On Rock    Special Country    Sex Education    Legendz Musik Nusantara    OLDIES NIGHT    KLASIK NITE    22 – 23
– 00                                23 – 00
Table Acara Radio RIA FM Solo

BAB III
KEGIATAN KHUSUS

A.    Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian dalam membantu menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran, dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
Banyak ahli yang telah memberikan definisi atas pemasaran ini. Definisi yang diberikan sering berbeda antara ahli yang satu dengan ahli yang lain. Perbedaan ini disebabkan karena adanya perbedaan para ahli tersebut dalam memandang dan meninjau pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran ini, aktivitas pertukaran merupakan hal yang sentral, pertukaran merupakan kegiatan pemasaran dimana seseorang dimana seseorang berusaha menawarkan sejumlah barang atau jasa dengan sejumlah nilai keberbagai macam kelompok social untuk memenuhi kebutuhannya. Pemasaran sebagai kegiatan manusia diarahkan untuk memuaskan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. Definisi yang paling sesuai dengan tujuan tersebut adalah :
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain (kotier, 1997).
Definisi pemasaran bersandar konsep inti yang meliput (needs), keinginan (wants)
Dan permintan (demands)
Manusia harus menemukannya kebutuhannya terlebih dahulu sebelum ia memenuhinya, usaha untuk memenuhi kebutuhannya tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran, bisa juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual.

B.    Perencanaan Iklan di Medis Radio
1.    Media Radio Sebagai Alat Bantu Proses Promosi
a.    Keunggulan dan kekurangan media Radio
Berbeda dengan media cetak, sebenarnya media radio memiliki kelebihan yang tidak bisa dicapai media cetak. Kelebihan dari media radio adalah
1)    Daya langsung
Pesen melalaui media radio diterima secara langsung oleh pendengar.
Hal ini menyebabkan media radio lebih cepat dibandingkan dan televisi, karena proses penyapaiannya tidak kompleks.

2)    Daya penetrasi tajam
Media radio dapat mencapai jangkauan yang jauh dan luas.
3)    Daya tarik
Penggunaan suara baik vokal maupun musikal menjadi radio sebagai sarana pesan hidup dan menarik jika dibandingkan dengan media yang pasif dan statis seperti : koran, iklan luar ruang, brosur dan lain sebagainya.
4)    Murah
Harga pesawat receiver dan harga iklan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan televisi
5)    Komunikasi personal
Media radio mampu menciptakan komunikasi secara intim atau emosional antara penyiar dan pendengar serasa face to face.
6)    Tidak menganggu aktivitas
Media radio merupakan satu-satunya media handy dan bisa disimak oleh pendengar meskipun pendengar sedang melakukan berbagai aktivitas kekurangan media audio adalah :
a)    Audiktif
Konsumsi telinga sepintas, maksudnya hanya pendengar yang mengerti akan memahami. Pesan yang akan disampaikan karena radio tidak bisa diminta ulang seketika.

b)    Rawan Gangguan
Miss interprentasi, maksudnya berbeda oleh pendengar, kondisi teknik, daya konsentrasi pendengar teratas dan sebagainya.
2.    Tahapan penawaran iklan di radio
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Definisi tersebut berkaitan dengan fungsi bagian marketing di RIA FM Solo. Bagian marketing bertugas untuk menciptakan kerjasama yang baik dengan pelangan yang biasanya disebut klien.
Tahap-tahap penawaran iklan ke klien meliputi :
a.    Memberitahu kepada station manager (SM) jika akan melakukan tatap muka dengan klien dan memberikan laporan hasil dari pertemuan dengan klien.
b.    Mencapai target yang diberikan oleh station manager biasanya station manager member tugas pada bagian marketing dengan menargetkan sejulah nominal uang dari hasil penjualan iklan setiap bulannya.
c.    Mencari data klien baru, mencatat, dan menyimpan basis data klien yang akan digunakan untuk ditawarkan iklan.
d.    Menawarkan kepada klien, untuk pemasangan iklan di program-program on air. Hal ini untuk menghasilkan respon atau transaksi.
e.    Bertatap muka. Dengan klien/calon klien dengan membuat proposal penawaran pemasangan iklan yang kemudian diinginkan klien untuk disiarkan dalam acara, kemudian bagian marketing memaparkan mengenai iklan yang berlaku di RIA FM Solo, harga iklan, dan keuntungan yang klien dapatkan.
f.    Melakukan kesepakatan (closing deal) dengan klien yang sesuai dengan format RIA FM Solo. Jika klien tertarik untuk beriklan di RIA FM Solo, maka bagian marketing langsung menemui klien lagi, untuk elakukan perjanjian dan negosiasi harga.
g.    Memberikan laporan kepada klien mengenai bukti siar On Air, logsiar, invoice, dan monitoring iklan.

C.    Proses Pembuatan Iklan
Sampai saat ini, biaya pemasangan iklan di radio masih yang paling murah dibandingkan dengan beriklan di televisi dan media cetak dengan bugjet yang tidak jauh berbeda, biaya untuk memasang satu spot iklan di televisi atau memasang satu iklan display di media cetak bisa digunakan untuk memasang berkali-kali penyiaran radio.
Selain biaya yang lebih rendah, di Indonesia, terutama di daerah, radio masih menjangkau lebih banyak telinga jika dibandingkan dengan televisi dan media cetak.
Kelemahan iklan di radio adalah tidak bisa memunculkan visualisasi dari produk yang diiklankan secara langsung. Dan yang bisa dilakukan adalah membangun visualisasi dalam theater of mind pendengar melalui penyampaian data yang desimtif.
Salah satu keunikan dan kekuatan beriklan di radio adalah kemungkinan untuk melakukan pemutaran iklan sesering mungkin sehingga iklan yang disampaikan lebih cepat diserap pendengar.
1.    Rumus criteria iklan radio yang baik
Ada beberapa pendapat mengenai iklan yang baik dan bagus menurut kasali (1995:83:86) iklan yang bagus paling tidak memenuhi criteria rumus yang disebut AIDCA. Rumus ini merupakan singkatan-singkatan dari elemen-elemen.
a.    Attention
b.    Interest
c.    Desire
d.    Conviction
e.    Action
Dalam elemen attention, iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran, untuk itu iklan membutuhkan bantuan ukuran warna, tata letak, atau suara-suara khusus.
Untuk elemen interest, iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dan dalam hal ini, selain itu iklan juga harus memiliki komponen desire, yaitu mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut.
Selain itu iklan juga harus mempunyai elemen conviction yang artinya iklan harus mampu menangkap kebutuhan calon pembeli. Akhirnya elemen action berusaha membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembeli.
2.    Teknik penyampaian iklan
a.    Adlips (iklan baca)
Gaya penyampaian iklan yang dibacakan. Teknik ini sangat efektif untuk iklan/pesan layanan yang pendek atau temporer.
Keindahan iklan adips dapat dibacakan kapan saja sesuai dengan keinginan klien (tergantung pada saat kontrak kerjasama dibuat)
Beberapa contoh iklan baca.
1)    Iklan tentang produk Thipara Bio Kosmetik yang dibacakan setiap hari di bulan puasa.
2)    Pemberitahuan atau pengumuman tentang buku-buku Gramedia
b.    Spot Iklan (Iklan Record)
Gaya penyampaian iklan yang ditayangkan melalui pemutaran spot / promo / iklan dalam bentuk record pada media. Bentuk media player yang digunakan selalu menggunakan software yang up to date.
c.    Insention
Jenis iklan yang disiarkan secara langsung. Contohnya peliputan kegiatan anak di gramedia, kegiatan car free day, acara off air yang sedang terjadi. Biasanya reporter dari RIA FM yang langsung turun untuk melakukan pengamatan sekaligus melaporkan mengenai hal-hal yang akan disiarkan.
d.    Quis
Jenis iklan yang dimana klien memberikan produknya kepada pendengar dan pihak RIA FM memberikan pertanyaan kepada pendegar. Yang mampu menjawab pertanyaan tersebut mendapatkan hadiah sesuai produk dari klien.
e.    Time signal
Jenis iklan penggembaran waktu yang tengah berjalan contohnya di RIA FM sedang ada adzan, setelah adzan akan ada produk yang membacakan telah mempersembahkan adzan tersebut.
f.    Talkshow
Klien datang ke RIA FM dan mengadakan wawancara secara on air mengenai produk-produk dari klien.
g.    Special Programming
Pada dasarnya sama seperti talkshow yaitu klien datang ke RIA FM dan mengadakan wawancara secara on air mengenai produk-produk dari klien. Namun yang membedakannya adalah secara langsung tidak adaiklan klien lain yang didiarkan. Hanya iklan klien yang disiarkan.
3.    Menulis Iklan yang Efektif
Untuk membuat iklan menjadi efektif ada beberapa tahap pelaksanaan yang meliputi :

a.    Tahap konsep
b.    Tahap pembuatan komponen
c.    Tahap pembuatan komponen
d.    Tahap assembling
e.    Tahap produksi contoh
f.    Tahap revisi
g.    Tahap produksi final
Pada tahap konsep ini, produk mulai merumuskan konsep iklan termasuk yang diinginkan atau dialog yang dilaksanakan dan lain sebagainya. Biasanya dalam tahap ini dari pihak sponsor dalam bentuk naskah dan dibahas bersama produksi. Setelah itu mulailah tahap pengumpulan data dimana sebagai komponen dikumpulkan untuk diproduksi seperti backsound, lagu, sound effect, dialog / monolog.
Tahap pembuatan komponen dimana berbagai komponen diproduksi seperti dialog atau monolog direkam/dibuat backsound dibuat sesuai kebutuhan dan lain sebagainya. Selanjutnya tahap assembling dimana berbagai komponen digabungkan serta diperbaiki dan diedit tepat seperti yang diinginkan. Lalu masuklah ke tahap produksi. Contoh dimana diproduksi contoh iklan yang sudah 90% sesuai dan didengarkan oleh sponsor, apakah sudah sesuai dengan perjanjian.

D.    Pasca Iklan Media Radio
1.    Pengertian Strategi
Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh, terpadu, dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan pandangan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapai tujuan pemasaran suatu perusahaan. Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan dri waktu ke waktu pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasi terutama sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah.
2.    Strategi pemasaran RIA FM
Dewasa ini pimpinan dan tenaga pemasaran sangat menekankan pentingnya peran strategi pemasaran dalam suatu perusahaan. Hal ini tidak berbeda dengan radio RIA FM. Selain merinci strategi dalam setiap rencananya, RIA FM Solo juga melakukan penalaran yang lebih mantap dalam menetapkan pilihannya terhadap suatu strategi. Dalam hal ini ada beberapa tahapan strategi yang dilakukan RIA FM.
a)    Menganalisa Peluag iklan
Tahap yang pertama dilakukan adalah menganalisa peluang/kesempatan pasar yang dapat dimanfaatkan dalam usaha yang dilakukan RIA FM untuk mencapai tujuannya. Kesempatan atau peluang pasar ini harus di seleksi untuk memilih mana iklan yang sesuai dengan segmentasi dari radio RIA FM, karena segmentasi RIA FM adalah menengah ke atas dan merupakan radio keluarga sehingga iklan yang masuk harus sesuai dengan segmentasi pendengar.
b)    Pemilihan dan penetapan sasaran iklan
Tahap kedua yang dilakukan adalah penentuan sasaran iklan yang akan dilayani oleh pihak radio. Memang suatu perusahaan akan sulit untuk menentukan dalam melayani seluruh iklan yang ada. Dan inipun tidak terkecuali terjadi di RIA FM. Apalagi harga iklan yang bisa dibilang lebih murah daripada radio lainnya dan dalam hal ini menjadi kelemahan RIA FM.
c)    Strategi Peningkatan Posisi Persaingan
Pada tahap ketiga dalah menilai kedudukan dan menetapkan strategi. Peningkatan posisi/kedudukan perusahaan dalam persaingan. Dalam hal ini, RIA FM biasanya memilih produk iklan yang tidak sama dengan perusahaan lain dan kalaupun sama biasanya dengan format yang berbeda, kecuali untuk iklan dari Sonora Pusat, karena RIA RM merupakan cabang dari Radio Sonora Group yang berpusat di Jakarta.
d)    Pengembangan Sistem Pemasaran
Pada tahap akhir ini adalah mengembangkan rencana pemasaran. Usaha pengembangan ini diperlukan, karena keberhasilan dari RIA FM yang terletak pada kualitas rencana yang bersifat jangka panjang ataupun jangka pendek.
3.    Bukti Iklan Siar
Setelah melakukan kesepakatan dengan perjanjian yang dibuat, pihak radio kemudian membuat iklan sesuai dengan keinginan klien. Dan disaat iklan siap disiarkan RIA FM akan menghubungi klien untuk pemberitahuan jika iklannya siap mengudara.
Selanjutnya bagian marketing memberikan laporan kepada klien berupa bukti iklan siar yaitu bukti rekaman yang diberikan kepada klien sebagai bukti bahwa iklan telah disiarkan. Dalam hal ini bukti iklan siar ada beberapa macam :
a.    Bukti iklan siar Digital Radio
Sistem pemantauan siaran radio jaringan otomatis berbasis internet. Sistem tersebut dari penerimaan radio yang terpasang pada komputer  dalam jangkauan pemancar radio pengirim siaran untuk pendengar, bila siaran program dari iklan telah disiarkan. Memang di RIA FM sendiri ada satu buah komputer  yang ada di ruang produksi khusus digunakan untuk merekam segala bentuk siaran dan iklan yang direkam selama 18 jam.
Awalnya sekitar tahun 2010, komputer merekam setiap 1 jam, kemudian berubah menjadi setiap setengah jam dan akhirnya agar lebih detail, komputer merekam setiap 10 menit sehingga lebih memudahkan untuk menentukan waktu dan sat akan diedit.

b.    Jumlah Pendengar
Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen/klien biasanya RIA FM menghitung dan menyimpan berapa jumlah pendengar setiap program sehingga hal ini bisa menentukan manakah waktu yang prime time maupun waktu biasa. Dan dalam hal ini bisa menjadi patokan harga bagi pengirim untuk menempatkan iklan.
c.    Kaset / CD
Beberapa bukti iklan siar seperti spot iklan, time signal, insection, Blocking time dan lain sebagainya yang sudah di rekam di komputer  kemudian di edit. Contohnya saja : Bulan Puasa kemarin tepatnya pada bulan Agustus 2011. Pihak pengiklanan minta bukti iklan siar yaitu iklan kata-kata bijak yang didalamnya disisipi iklan produk. Sebelum dipindahkan/dirubah dalam bentuk CD, terlebih dahulu di edit di cool edit pro.
d.    Invoice
Bukti transaksi untuk melakukan pelunasan pembayaran, biasanya admin keuangan akan mengambil uang sebagai pelunasan pembayaran.
e.    Log Siar
Jadwal iklan harian yang disiarkan di RIA FM sebagai contoh pada bulan Agustus 2001, H-7 sampai H+7 lebaran pengiklanan meminta log siar yang berupa time signal berita lebaran, yang harus dicatat setiap setengah jam dan setiap satu jam.
4.    Timbal Balik Iklan di Radio
Setelah RIA FM memberikan bukti siar berupa kaset, log siar, invoice, bukti siar tersebut diberikan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan kepada klien. Hal ini berguna untuk menjaga kontinuitas hubungan yang baik dengan konsumen.
Jika hubungan baik ini berlangsung secara terus-menerus pastilah akan menimbulkan penetraan yang baik untuk RIA FM sendiri dengan klien.
Pengertian Citra
Konsumen/klien dalam beriklan bukan hanya mengharapkan barangnya laku terjual saja, akan tetapi ada sesuatu yang lain. Sesuatu yang lain itu sesuai dengan citra yang terbentuk dalam dirinya. Suatu perusahaan berkepentingan untuk memberikan informasi kepada public agar dapat membentuk citra yang baik.
Ada pepatah yang mengatakan bahwa citra merupakan poin awal untuk sukses dalam pemasaran. Istilah citra atau image ini mulai popular pada tahun 1950-an dalam konteks organisasi, perusahaan, nasional dan sebagainya.
Citra tidak dapat dibuat seperti barang dalam suatu pabrik, akan tetapi citra adalah kesan yang dieproleh sesuai dengan pemahaman dan pengetahuan seseorang terhadap sesuatu. Citra yang ada pada perusahaan terbentuk dari bagaimana perusahaan tersebut melakukan kegiatan operasionalnya yang mempunyai landasan utama pada segi pelayanan.
Suatu perusahaan harus mampu untuk melihat sendiri bagaimana citra yang ditampilkan kepada masyarakat yang dilayani. Perusahaan juga harus bisa memberikan suatu evaluasi apakah citra yang diberikan telah sesuai dnegan yang diharapkan atau perlu ditingkatkan lagi.
Jika citra radio sudah baik di masyarakat maka hal itu akan menimbulkan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Timbal balik yang di capai dari RIA FM adalah kepercayaan klien untuk beriklan di radio. Banyaknya kepuasan dari iklan setelah beriklan di RIA FM, klien menjadi pergaya dan akhirnya terus beriklan di radio, dan halnya tentunya menambah keuangan perusahaan.

BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    Kesimpulan
Berdasarkan praktek industri yang telah dilakukan di RIA FM Solo telah dapat disimpulkan bahwa untuk mengolah sebuah iklan membutuhkan pemikiran yang matang mulai dari perencanaan, pembuatan, dan juga pasca iklan itu sisiarkan.
Setelah iklan disiarkan, bukti iklan siar dibutuhkan sebagai bagian dari strategi pemasaran perusahaan agar klien/pengiklan menjadi percaya terhadap perusahaan, dan ini tentunya bisa bisa menimbulkan citra yang lebih bagi perusahaan.

B.    Saran
1.    Radio RIA FM Solo lebih bisa menempatkan mahasiswa magang sesuai dengan tepatnya/bidangnya. Hal ini diharapkan agar mahasiswa lebih bisa berkonsentrasi pada satu bidang.
2.    Pembimbing lebih bisa bersikap profesional lagi dalam memberi tugas.

DAFTAR PUSTAKA

Riswadi, 2009, Dasar-dasar Penyiaran, Yogyakarta: Graha Ilmu

Mulyono Deddy, 2007, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Assauni Sofyan, 1996, Manajemen Pemasaran Konsep, Dasar dan Strategi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI

NAMA     :     AMBAR PURWANINGRUM
NIM     :     C10001
PROGRAM STUDI     :    KOMUNIKASI MASSA
JUDUL LAPORAN     :    BUKTI IKLAN SIAR SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASARAN DI RADIO RIA FM
Telah disetujui dan disahkan dosen pembimbing pada :
Hari / Tanggal     :
Tempat     :

Mengesahkan,
Dosen Pembimbing
Politeknik Indonusa     Pembimbing

Ade Wahyu Wulandari, S.Sos     (………………………..)

Mengetahui,
Direktur Politeknik Indonusa

Ir. Suci Purwandari

MOTTO

•    Sejarah itu jalannya kehidupan orang-orang. Tak peduli jalan apa yang kalian tempuh, terus maju ke depan, jangan takut, jangan mundur, jangan pernah bersembunyi, ketika suatu waktu nanti tersadar kalian akan melihat jalan terbaik yang sudah kalian lalui (Samurai deeper Kyo)
•    Kau gagal tetapi masih bisa bangkit kembali, karena itu menurutku arti dari kuat yang sebenarnya (Hinata Hyuuga)
•    Perjalanan seribu batu bermula dari satu langkah (Lao Tze)
•    Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah (Thomas Alva Edison)
•    Sesuatu yang belum dikerjakan seringkali tampak mustahil. Kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik (Evelyn Under hill)

KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam, atas segala rahmat dan karunia-Nya, yang telah diberikan dalam proses penulisan Laporan Praktek Industri I ini, sehingga segala sesuatunya berjalan dengan lancar.
Laporan Praktek Industri I dengan judul “Bukti Iklan Siar sebagai Bagian dari strategi pemasaran di radio RIA FM Solo” ini disusun untuk memenuhi tugas dan melengkapi syarat untuk mengajukan tugas akhir.
Penulis menyadari bahwa laporan praktek industri I ini tidak dapat terselesaikan tanpa bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada :
1.    Ir. Suci Purwandari, selaku  Direktur Politeknik Indonusa Surakarta
2.    Ade Wahyu Wulandari, S.Sos, selaku ketua program studi komunikasi massa sekaligus dosen pembimbing Laporan Praktek Industri.
3.    Ayah dan Ibu yang selalu sabar mendidik dan mendukung
4.    Bapak Grytje Gregory Hadiwono, selaku Station Manager Radio RIA FM Solo
5.    Bapak YBF Embun Hendrodjati, selaku pembimbing magang di Radio RIA FM Solo
6.    Seluruh karyawan radio RIA FM Solo
7.    Sahabat terbaikku Nagi dan Alva, teman-teman CLASSIC yang selalu membantuku.
Penulis menyadari bahwa karya ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun demi perbaikan laporan praktek industri ini. Penulis berharap semoga karya ini dapat diterima dan memberi manfaat bagi pembaca.
Penulis,

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL     ………………………………………………………..    i
HALAMAN PENGESAHAN     ………………………………………………    ii
MOTTO    ………………………………………………………………………    iii
KATA PENGANTAR     ………………………………………………………..    iv
DAFTAR ISI    ………………………………………………………………..    vi
BAB I     PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang     ……………………………………………….    1
B.    Tujuan Praktik     ……………………………………………….    2
C.    Manfaat Praktek Industri     ………………………………………    2
BAB II     KEGIATAN UMUM
A.    Sejarah RIA FM Solo    ………………………………………..    3
B.    Data Media    …………………………………………………..    5
C.    Format Siaran     ……………………………………………….    6
D.    Pendengar     ……………………………………………………    7
E.    Struktur Organisasi    ………………………………………….    8
F.    Denah Lokasi    ………………………………………………..    9
G.    Acara Radio RIA FM Solo     …………………………………..    10
BAB III     KEGIATAN KHUSUS
A.    Pengertian Pemasaran     ……………………………………….    11
B.    Perencanaan Iklan di Media Radio
1.    Media Radio sebagai Alat Bantu Proses Promosi     …………    12
2.    Tahapan Penawaran Iklan di Radio     ……………………….    14
C.    Proses Pembuatan Iklan
1.    Rumus Kriteria Iklan Radio yang baik     ……………………    16
2.    Teknik Penyampaian Iklan     ……………………………….    17
3.    Menulis Iklan yang Efektif     ……………………………….    18
D.    Pasca Iklan Media Radio
1.    Pengertian Strategi Pemasaran     …………………………..    20
2.    Strategi Pemasaran RIA FM    ………………………………    20
3.    Bukti Iklan Siar     …………………………………………..    22
4.    Timbal Balik Iklan di Radio     ……………………………….    24
BAB IV     KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan     ……………………………………………………    26
B.    Saran     ………………………………………………………….    26
DAFTAR PUSTAKA     ……………………………………………………….    27

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s