PUBLIC RELATIONS DAN PROMOSI

Standar

Dalam sejarah perkembangan PR, sering menjadi bahan pembicaraan para ahli ketika Marketing sering di hubungkan dengan PR. Dimana banyak kalangan yang mengatakan bahwa Marketing adalah PR, sedangkan yang lain mengatakan bahwa PR dan Marketing berbeda dengan tugas nya masing-masing.

Secara singkat dikatan bahwa Marketing dalam kegiatan PR didasarkan pada pemikiran untuk memenuhi kebutuhan, keinginankonsumen, dalam pengembangan penjualan produk atau jasa.

Meskipun didalam PR pun tak mungkin juga tidak mecari keutungan, hanya karena kegiatannya harus memperhatikan falsafah PR seperti yang dikatakan salah satu ahli PR “Stassen” didalam buku dasar-dasar PR yang ditulis oleh Sr. Maria Assumpta Rumanti bahwa tak ada kegiatan PR yang meninggalkan moralitas.

Berikut skema yang di jelaskan oleh Stassen:

Marketing

–          Memnuhi keinginan, kebutuhan dari kelompok yang dituju

–          Dengan ide produk/jasa bagi kelompok sendiri/organisasi

–          Kepentingan perusahaan merupakan pusat keutungan

–          Menjual

Public Relations

–          Mengadakan perubahan sesui dengan sikap, kebutuhan, kualitas kelompok yang dituju

–          Ide, usul, keluhan diterima dan di tolak

–          Kepentingan bersama menjadi sentral,bukan hanya untuk keuntungan sendiri

–          Menerangkan dan menjual

Prof. Dr. Ane Van der Meiden didalam bukunya Public Relations een Kennismaking, 1986, hlm.63 mengatakan bahwa PR memberI pelayanan kepada Bidang marketing bukan bagian dari Marketing memberikan jasanya kepada organisasi. Namun seorang PR perlu mengetahui dan mendalami mengenai Marketing itu sendiri karena kegiatannya sangat erat hubungannya dengan Marketing.

Pada era globalisasi ini peran Marketing Public Relations menjadi semakin penting karena itikad baik  (good will) menjadi suatu bagian dari profesionalisme yang pasti akan terbentuk karena pembentukan simpati konsumen secara efektif dan efisien sudah merupakan keharusan yang menjadi modal dalam kelangsungan kinerja suatu Perusahaan dalam menghadapi persaingan global.

Peran Marketing Public Relations

Peranan Marketing Public Relations dalam upaya mencapai tujuan utama organisasi menurut Rosady Ruslan :
1. Menumbuhkembangkan kesadaran konsumennya terhadap produk yang tengah diluncurkan itu.
2. Membangun kepercayaan konsumen terhadap citra perusahaan atau manfaat (benefit) atas produk yang ditawarkan / digunakan
3. Mendorong antusiasme (sales force) melalui suatu artikel sponsor (advertorial) tentang kegunaan dan manfaat suatu produk.
4. Menekan biaya promosi iklan komersial, baik di media elektronik maupun media cetak dan sebagainya demi tercapainya efisiensi biaya.
5. Komitmen untuk meningkatkan pelayanan-pelayanan kepada konsumen, termasuk upaya mengatasi keluhan-keluhan (complain handling) dan lain sebagainya demi tercapainya kepuasan pihak pelanggannya.
6. Membantu mengkampanyekan peluncuran produk-produk baru dan sekaligus merencanakan perubahan posisi produk yang lama.
7. Mengkomunikasikan terus menerus melalui media Public Relations (House PR Journal) tentang aktivitas dan program kerja yang berkaitan dengan kepedulian sosial dan lingkungan hidup agar tercapainya publikasi yang positif di mata masyarakat / publik.
8. Membina dan mempertahankan citra perusahaan atau produk barang dan jasa, baik dari segi kuantitas maupun kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumennya.
9. Berupaya secara proaktif dalam menghadapi suatu kejadian negatif yang mungkin akan muncul di masa mendatang . (Ruslan, 2002: p.262)

Marketing-Mix

Ada juga istilah yang sering kita dengar yaitu, Marketing-Mix. Dalam marketing mix terdapat berbagai macam komunikasi komersial,seperti reklame,konsumen promosi,penjualan secara personal,promosi perdagangan,promosi penjualan,termasuk Marketing-PR. Semua itu dapat juga disebut komunikasi-mix maka  promosi dengan bentuk apapun sangat penting bagi  kegiatan PR. “Sr Maria Assumpta Rumanti”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s