Teori Management Public Relations

Standar

Teori Management Public Relations

Kebanyakan perusahaan atau organisasi kini mengakui peranan Public Relations (PR) cukup menonjol dalam pengambilan keputusan manajemen. Acapkali manajer Public Relations melapor atau berhubungan langsung kepada top management (Manajemen Puncak).
Fraser P Seitel dalam bukunya The Practice public Relations mengatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini Public Relations telah mengembangkan kerangka teorinya sebagai suatu system manajemen. Ia menyebutkan bahwa Prof James Grunigg dan Todd Hunt telah mengembangkan lebih jauh mengenai kerangka teori Public Relations ini.

Grunigg dan Hunt menyarankan bahwa para manajer Public Relations bertindak berdasarkan apa yang disebut sebagai teoretis organisasional suatu boundary role (memainkan peran di perbatasan), dimana mereka berada di tepi suatu perusahaan atau organisasi sebagai penghubung antara perusahaan atau organisasi dengan public internal dan eksternalnya.
Sebagai boundary managers orang-orang public relations mendukung kolega mereka dengan sokongan komunikasi mereka yang lintas organisasional yaitu ke dalam dan keluar organisasi atau perusahaan.

Rhenard Kasali dalam bukunya Management public Relations mengatakan manajemen dan Public Relations adalah dua bidang ilmu yang berkembang secara terpisah namun seperti yang telah kita saksikan sekarang bahwa manajemen berhasil meningkatkan peranannya pada hampir setiap bidang kehidupan. Dengan kata lain, manajemen juga telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi penerapan konsepsi Public Relations dalam kehidupan manusia.

Sumber : Dasar-dasar public Relations, Drs Sholeh Soemirat, MS dan Drs Elvinaro Ardianto, M.Si, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s