PROSES KOMUNIKASI

Standar

Menurut Cutlip and Center, komunikasi yang efektif harus dilaksanakan dengan 4 tahap, yakni:

  •    FACT FINDING

                  Mencari/ mengumpulkan fakta-fakta sebelum seseorang melakukan suatu kegiatan atau tindakan. Misalnya seorang PRO dari sebuah perusahaan, sebelum dia melaksanakan tugas-tugasnya, harus mengetahiu terlebih dahulu tentang:

                    Apa yang diperlukan publik;

                  Siapakah yang termasuk dalam publik ini;

                  Bagaimana keadaan publik dipandang dari berbagai segi;

                  Mengapa publik bersikap masa bodo,menentang,dsb.

  • PLANNING

berdasarkan fakta/data tadi, PRo membuat rencana tentang apa yang akan/harus dilakukan dalam menghadapi problema-problema itu.Untuk menghindarkan kegagalan-kegagalan dalam melaksanakan tugasnya dan memperoleh hasil yang diharapkan, maka komunikasi itu harus well-planned disamping memikirkan anggaran yang diperlukan. Pemikiran tentanf komunikasi itu meliputi:

        a. Sender

Siapa orangnya yang tepat?Pakah ia memenuhi syarat?Misalnya: jujur, berakhlak baik,cakap,understanding,bijaksana,sudah dikenal masyarakat, dan sebagainya?

Komunikator dapat berupa individu yang mewakli suatu badan/organisasi atau berupa perseorangan dan biasanya orang yang sudah dikenal masyarakat yang disebut” opinion-leader

b. Message

Pernyataan apa yang akan disampaikan komunikator kepada komunikan? Apa maksud dan tujuannya? Reaksi apa yang akan timbul?

Message dapat di sampaikan secara lisan, tertulis, menggunakan lambang-lambang/gamabar-gambar lainnya yang” meaningful” bagi kedua belah pihak.

Message yang disampaikan secara lisan dapat dilakukan secara langsung dan secara tidak langsung. Secara langsung adalah” face to face communication“. Secara tidak langsung dalah dengan melalui: Misalnua radio, televisi, dsb

c.  Media

Media apa yang tepat untuk menyampaikan message ini? Kapan waktunya yang tepat?

d. Komunikan

  Kepada siapa message itu ditujukan?Bagaimana pengetahuan komunikan tentang masalah yang ada hubungannya dengan message itu?Apa Background komunikan? dsb.

  • COMMUNICATING

             Setelah rencana itu disusun dengan sebaik-baiknya sebagai hasil pemikiran yang mantap/matang berdasarkan fakta/data yang telah dikumpulkan,PRO kemudian melakukan “operasinya”.

  • EVALUATION

            Perlu untuk menilai, apakah tujuan itu sudah tercapai? Evalusai yang dilakukan oleh suatu badan dapat brdasarkan analisa mengenai data hasil survey yang diadakan secara continu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s