PENELITIAN DAN DAMPAK JEJARING SOSIAL

Standar

Penelitian dan Dampak Jejaring sosial – Dunia Internet merupakan hutan belantara. Di dalam hutan tersebut terdapat berbagai macam kebaikan dan juga keburukan jika berjalan menyusurinya. Di dalam hutan yang penuh misteri tersebut memiliki banyak fasilitas di dalamnya sesuai yang kita inginkan. Seperti Jejaring sosial juga ada di dalam hutan belantara yang bernama internet.


Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Termasuk dalam Jejaring sosial adalah Facebook, twitter, google+, dll. Dari berbagai jejaring sosial tersebut, terdapat Penelitian dan Dampak bagi penggunanya. Apakah dampak dari Jejaring sosial tersebut?

Dampak Positif Jejaring sosial :

  • Mempererat silaturrahmi.
  • Mengetahui potensi diri.
  • Media promosi.
  • Sarana diskusi.
  • Tempat curhat.

Dampak Negitif Jejaring Sosial

  • Kebanyakan menggunakan jejaring sosial dapat menurunkan kinerja.
  • Keseringan beraktifitas dengan media sosial mengakibatkan perhatian terhadap keluarga berkurang.
  • Batasan ranah pribadi dan sosial menjadi kabur.
  • Bocornya data rahasia pada khalayak.
  • terjadinya pornografi.
  • pemanfaatan untuk kegiatan negatif serpti penipuan dll.
  • Dapat terjadi kesalahpahaman.
  • Mempengaruhi kesehatan.

Selain dampak diatas, terdapat juga penelitian terhadap jejaring sosial yang paling banyak digunakan yaitu Facebook. Berikut ini beberapa hasil studi mengenai Facebook, seperti yang dikutip dari theweek.

Narsis
Sebuah studi dari York University, Canada, mengatakan bahwa orang yang sering men-update akun Facebooknya memiliki kecenderungan menjadi seorang yang narsis. Hal ini diperkuat dengan studi pada tahun 2008 di University of Georgia, Amerika Serikat, yang menyatakan bahwa “semakin sering posting (di Facebook) = semakin narsis.”

Postingan paling efektif adalah foto
Menurut perusahaan social media marketing, Virtrue, waktu yang terbaik agar postingan Anda mendapat perhatian orang banyak adalah hari Jumat pagi. Menurutnya Postingan foto diklik 22 persen lebih banyak daripada video dan 54 persen lebih banyak daripada postingan teks seperti update status. Apapun yang diposting sebelum Jumat siang akan diklik 65 persen lebih banyak daripada sore hari dan hari terbaik untuk memposting adalah Jumat, sedangkan hari terburuk untuk memposting adalah akhir pekan.

Sering login = Penurunan IPK
Seorang psikolog asal Belanda, Paul Kirschner, menemukan bahwa mahasiswa yang mengecek akun Facebook-nya selama di kelas akan mengalami penurunan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Studi ini ia lakukan terhadap 219 mahasiswa di Amerika Serikat. Mahasiswa yang sering mengecek Facebooknya rata-rata memiliki IPK 3,06, sedangkan mahasiswa yang tidak mengecek akun Facebooknya memiliki rata-rata IPK 3,82.

Dahulukan Update Status Ketimbang ke Kamar Mandi
Studi dari Oxygen Media and Lightspeed Research melihat pada kebiasaan wanita usia 18 hingga 34 tahun tentang sosial media. Berikut hasilnya: 34 persen wanita mengatakan hal yang ia lakukan pertama kali ketika bangun tidur adalah mengecek akun Facebook-nya, sebelum meminum kopi dan pergi ke kamar mandi; 39 persen wanita mengaku kecanduan Facebook; 49 persen wanita merasa ‘normal’ untuk mengecek akun pasangannya; 89 persen wanita mengatakan jangan memposting apapun jika tidak ingin dilihat oleh orang tua.

Facebook membuat orang lebih bahagia
British Computer Society (BCS) membongkar sebuah mitos yang mengatakan bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu dalam jejaring sosial membuat orang merasa terisolasi dan kehilangan sentuhan dengan dunia luar. Pasalnya, BCS menemukan bahwa Facebook memberikan statistik yang signifikan terhadap dampak positif Facebook tentang kepuasan hidup. Lonjakan kebahagiaan ini kebanyakan dialami orang-orang dengan penghasilan yang minim, wanita dan pengguna dengan tingkat pendidikan yang rendah.

Demikian tadi beberpa  Penelitian dan Dampak Jejaring Sosial . Tolog ambil positifnya saja dengan menggunakan jejaring sosial ini. Semoga bermanfaat bagi anda
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s